Penyebab Dan 7 Cara Mutakhir Untuk Mengatasi Blue Screen Pada Komputer

class=kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left
data-id=3124
data-slug=>





































Berikan Penilaian Informasi


Cara Mengatasi Blue Screen Pada Komputer – Sangat mengasyikan kalau bekerja atau bermain game di komputer tanpa ada problem yang berarti. Namun, bagaimana kalau sedang menggunakannya tiba-tiba terjadi hang dan monitor mengeluarkan warna biru dengan pesan-pesan error -nya? Ini biasa disebut dengan Blue Screen atau nama lengkapnya ialah Blue Screen of Death (BSOD).


Masalah ini sudah umum terjadi disetiap komputer milik siapa saja. Akan tetapi problem ini terkadang menciptakan galau seseorang ihwal apa yang tolong-menolong terjadi pada komputer ini, apakah ini berarti sudah rusak dan tidak sanggup dipakai lagi? Padahal komputer yang sedang dioperasikannya lancar-lancar saja, tidak ada tanda kesalahan yang muncul.


Ya, komputer memang tidak selalu sanggup memperlihatkan tanda bahwa akan terjadinya Blue Screen. Ia sanggup tiba secara tiba-tiba meskipun dalam kondisi lancar. Lalu apa penyebab sehingga komputer mengalami Blue Screen dan bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya mari simak pembahasa berikut ini.


Penyebab Blue Screen of Death (BSOD)Cara


Penyebab Blue Screen of Death (BSOD) biasanya disebabkan oleh problem hardware atau software driver dengan tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows. Lalu bagaimana lagi Blue Screen sanggup terjadi? Masalah ini sanggup terjadi ketika Windows bertemu dengan Error STOP sehingga terjadi kegagalan kritis yang mengakibatkan Windows menjadi crash dan berhenti beroperasi.


Kerugian apabila terjadinya Blue Screen ini ialah ketika contohnya kau sedang menciptakan dokumen di Ms. Word, maka dokumen tersebut tidak sanggup disimpan lantaran Blue Screen ini munculnya begitu cepat sehingga tidak ada kesempatan lagi untuk menyimpan dan komputer pun me- restart sistemnya.


Kemudian Windows secara otomatis akan menciptakan Minidump yang menampilkan isu ihwal crash yang terjadi dan menyimpannya didalam hardisk kamu. Dengan memakai minidump, kau sanggup memperbaiki penyebab terjadinya Blue Screen.


7 Cara Mutakhir dan Praktis Untuk Mengatasi Blue Screen Pada KomputerCara


Setelah kau mengetahui penyebabnya, sekarang saatnya kau untuk mulai mencoba memperbaiki kesalahan ini dengan cara-cara yang sudah disediakan oleh Java’sTech dibawah ini.


1. Lakukan Restart Pada KomputerCara


Ini ialah cara pertama yang paling sederhana dan gampang untuk dilakukan. Blue Screen tidak selalu mempunyai arti bahwa ada problem besar pada sistem komputer. Oleh lantaran itu, cobalah untuk restart komputer kamu. Dengan begitu, sistem yang semula sudah ada ditengah operasi, maka ia akan kembali lagi dari awal untuk memulainya.


2. Lakukan Pengembalian Sistem dengan “System Restore”Cara


Ketika komputer sedang terjadi trouble khususnya Blue Screen, disinilah pentingnya kehadiran system restore untuk sanggup mengembalikan pengaturan serta tata sistem komputer yang sudah disetel. Apabila fitur ini dimanfaatkan, maka Windows akan mengembalikan kondisi komputer menyerupai dahulu ketika menciptakan restore point untuk system restore. Untuk cara menciptakan restore point serta mengembalikannya, silakan klik tautan berikut: Cara Membuat Restore Point dan Cara Melakukan System Restore


3. Perbaiki Sistem OperasiCara


Selain Blue Screen lantaran adanya problem pada hardware atau software, ia juga sanggup terjadi lantaran permasalahan pada sistem operasi yang digunakan. Sistem operasi yang bermasalah sanggup menjadikan tidak sanggup booting secara tepat untuk masuk ke desktop. Cara yang sanggup kau lakukan ialah dengan tools “system recovery options”. Silakan klik tautan pada teks berwarna biru untuk melihat Cara Memperbaiki atau Repair Windows.


4. Update atau Install Ulang Dengan Driver yang Cocok Untuk KomputerCara


Didalam komputer ada banyak hardware yang terpasang diatas motherboard. Hardware inilah yang sanggup menciptakan sistem komputer bekerja tetapi tidak sanggup befungsi secara maksimal ketika tidak ada driver yang terinstall untuk hardware tersebut. Maka dari itu perlu adanya instalasi driver dan driver -nya pun harus kompatibel dengan hardware serta sistem operasi. Bila menginstall tanpa memperhatikan versi kompatibelnya terhadap hardware dan OS, maka ini yang memicu terjadinya Blue Screen.


Selain itu, driver yang terpasang jangan hanya di install saja, melainkan harus rutin di update juga biar sanggup memaksimalkan serta mengoptimalkan fungsi dari hardware terhadap komputer. Cara updatenya pun mudah, silakan pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Device Manager atau cara cepatnya ialah buka Start > Ketik “Device Manager” Pada Kolom Pencarian.


5. Scan Komputer dengan AntivirusCara


Virus dan malware merupakan salah satu bahaya terhadap komputer dan keduanya sanggup menjadikan problem yang serius apabila tidak ditangani dengan tepat. Program yang bersifat jahat ini, sanggup merusak sistem komputer sehingga ada kemungkinan bahwa virus dan malware yang menjadi penyebab dari Blue Screen di komputer. Oleh lantaran itu, kau harus mulai cek dan scan komputer dengan antivirus untuk mencegah terjadinya peluang Blue Screen yang disebabkan oleh virus dan malware.


6. Periksa Hardware KomputerCara


Selain harus mengecek penyebab Blue Screen dari sisi software, kau juga harus mengecek dari sisi hardware -nya. Hardware yang terpasang tentu sanggup mengalami kerusakan dan kerusakan itulah yang mengakibatkan fungsi hardware menjadi tidak bekerja dengan baik sehingga memicu terjadinya Blue Screen. Jika sekiranya masih sanggup diperbaiki, silakan untuk diperbaiki sendiri atau dibawa ke kawasan servisnya. Bila ternyata sudah benar-benar rusak dan tak sanggup diperbaiki, maka kau diharuskan untuk menggantinya dengan yang baru.


7. Langkah Terakhir, Install Ulang Sistem OperasiCara


Jika semua yang telah dilakukan dari poin-poin diatas belum membuahkan hasil, maka langkah terakhir yang sanggup kau lakukan ialah dengan menginstall sistem operasi. Dengan menginstall sistem operasi, semua problem yang terjadi di komputer termasuk Blue Screen sanggup terselesaikan lantaran ini menghapus seluruh driver dan software yang terpasang hingga bersih.


Sebelum melaksanakan install ulang, hendaknya backup terlebih dahulu data kamu. Apabila kau sanggup menginstallnya seorang diri, maka carilah terlebih dahulu file “.iso” dan buat bootable -nya. Atau kau sanggup membawanya ke kawasan servis kalau ternyata kau tidak sanggup melakukannya.


Demikian isu yang sanggup disampaikan pada kesempatan kali ini. Cobalah terlebih dahulu poin-poin yang telah disediakan diatas untuk mengatasi Blue Screen. Bila, kau sudah mengikutinya namun belum membuahkan hasil, kau sanggup meminta pemberian kepada yang ahlinya untuk merampungkan problem tersebut. Semoga berhasil!


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab Iphone X Gampang Panas Dan Cara Gampang Untuk Mengatasi Masalahnya

Cara Melacak, Mengunci Dan Menghapus Data Penting Di Hp Android Apabila Terjadi Kehilangan

Download Inshot Pro – Video Photo Editor V1.589.226 Terbaru September 2019